MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
Resume : 4
Tema : Menulis Buku Dari Karya Ilmiah
Hari/Tanggal : Rabu, 25 Mei 2022
Pukul : 19.00-21.00 Wib
Gelombang : 25
Nara Sumber : Noralia Purwa Yunita, M.Pd
Moderator : Helwiyah
Pertemuan ke 4 kali ini entah kenapa mata tidak bisa di bawa kompromi dan ngantuk berat, saya paksakan mengikuti Pembukaan yang di buka oleh Moderator Ibu Helwiyah, Guru SD di Jakarta Timur dengan memperkenalkan Nara Sumber untuk Pertemuan ke 4 ini yaitu ibu muda yang cantik dan enerjik Noralia Purwa Yunita, M.Pd.
Moderator menyapa peserta dengan sapaan PLN (Pegiat Literasi Nusantara), dan mulai memperkenalkan Biodata Nara Sumber, wuih .....mantap sekali ketika membaca biodata nara sumber kali ini , walaupun masih muda tapi punya segudang prestasi dan karya yang luar biasa , yang kalau di tulis satu persatu ngga akan cukup halaman ini saking banyaknya prestasi dan karya yang sudah di raihnya, diantarnya sebagai Ambassador Penerbit Inovasi Publishing, Juara 3 lomba Blog Nasional, Peraih Medali Perunggu pada Olimpiade Sains Nasional bidang kimia, dan prestasi lainnya. Semoga prestasi dan karya Nara sumber menjadi inspirasi peserta terutama saya untuk bisa mencontohnya karena tidak ada kata terlambat untuk berkarya dan meraih prestasi.
Saya sangat beruntung sekali bisa mengikuti Pelatihan Menulis ini karena isinya daging semua, sampai pertemuan ke 4 ini dari 30 pertemuan yang di rencanakan semoga bisa saya ikuti sampai selesai, karena isinya penuh dengan motivasi, inspirasi, semangat, untuk selalu berkarya dan berpestasi.
Tema Pertemuan ke 4 ini tentang Menulis buku dari karya ilmiah di bagi 2 sesi
SESI 1 : MENULIS BUKU DARI KTI
Diawali dengan pertanyaan mengapa harus buku :
1. Lebih bermakna dan bermanfaat
Jika KTI diubah menjadi buku karena dapat di baca oleh siapapun sehingga sasaran pembaca lebih luas dan beragam tidak hanya pada satu kelompok saja.
2. Keuntungan materi
Jika buku bisa diperjualbelikan dengan berbagai kalangan dan jika terjual akan mendapatkan keuntungan materi, berbeda dengan KTI yang hanya akan jadi koleksi pribadi dan koleksi perpustakaan kampus.(kalangan terbatas).
3. Hasil penelitian akan tersebar luas.
KTI yang sudah dikonversi menjadi buku akan mudah diakses oleh banyak pihak . Akibatnya penelitian akan di ketahui masyarakat dan pemangku kebijakan sehingga buku kita bermanfaat untuk pembuat kebijakan, dan bisa ditindaklanjuti .
4. PAK (Penilaian Angka Kredit)
KTI menjadi buku dapat digunakan untuk pengajuan angka kredit (naik pangkat) bagi para guru ASN
Pertanyaan selanjutnya bagaimana cara mengubah KTI menjadi Buku
1. Ubah judul KTI yang terkesan kaku dan ilmiah menjadi judul menarik dan eye catching.
2. Ubah daftar isi
Ketika KTI diubah menjadi buku, daftar isi menjadi ( ikuti Pedoman 2W+1H)
3. Pada Bab 1 Karya ilmiah yang biasanya menuliskan tentang
- Rumusan Masalah
-Tujuan Penelitian
-Manfaat Penelitian
-Definisi Operasional
-Hasil Penelitian
Ini semua harus di hapus ketika mengkonversi menjadi buku.
4. Boleh menampilkan grafik tetapi jangan terlalu banyak , cukup grafik yang penting saja. Grafik lain yang tidak di tampilkan, ubah dalam bentuk kalimat.
5. Secara kebahasaan dan penyajian, karya ilmiah versi buku harus berbeda dengan versi laporan. Sususnan dan gaya tulisan bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreatifitas masing-masing.
6. Kaitkan dengan kondisi terkini agar buku kita tetap mengikuti perkembangan zaman.
7. Daftar pustaka boleh menggunakan blog namun blog resmi . Hindari menggunakan daftar pustaka beruba blog pribadi.
8. Berilah ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan penelitian untuk meyakinkan pembaca bahwa kita benar - benar telah melakukan penelitian.
9. Karya ilmiah versi buku minimal 70 halaman format A5 dengan huruf dan margin disesuaikna dengan aturan penerbit.
Contoh Perbedaan Daftar Isi Skripsi dengan Daftar Isi Skripsi menjadi Buku
Daftar Isi setelah jadi Buku
- Tulis Artikel sesuai dengan Template jurnal yang akan di tuju. Karena Pengelola jurnal mempunyai kategori tersendiri dalam menentukan tema bahasan .
- Judul singkat, padat, jelas, dan tetap ilmiah.
- Baris Kepemilikan artinya peneliti, atau penulis artikel tersebut.
- Abstrak
- Kata kunci (Keyword)
- Pendahuluan
- Metode Penelitian
- Hasil dan Pembahasan
- Simpulan
Demikian hasil resume pada Pertemuan ke 4 ini semoga bermanfaat.
Dra.Ana Kameloh Dian, M.Pd
Waah lengkap resumenya. bu novi urutan 25 resumenya, jadi bu novi isi komen dulu ke resume nomor 26 he...he...he... diisi yang dekat terlebih dahulu urutan postingnya dengan bu novi
BalasHapusTerima kasih bu salam kenal saya dari SMKN 3 Palangka Raya
BalasHapusBagus banget bunda😍
BalasHapusSemangat menulis bu Ana...
BalasHapusMasyaallah tetap semangat yaa buu.. Resume nya mantul dan berisi
BalasHapus