PEMASARAN BUKU
PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI
Resume : 19
Tema : Pemasaran Buku
Hari/Tanggal : Rabu, 29 Juni 2022
Pukul : 19.00-21.00 Wib
Gelombang : 25
Nara Sumber : Agus Subardana
Moderator : Sigid Purwo Nugroho
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh
banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis –
jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis
katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan
masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum,
teknologi-fisik dan sosial-budaya.
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era
Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim
sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan,
perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama
sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal,
mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial.
Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan
transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus
proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target
pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang
sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan
pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan
yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli ,
menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan
kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan
komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat
komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Kami Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan
lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema
yang menarik ...
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi
telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan
berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai
mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di
Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan
jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara
yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat
terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk
di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada
buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan
(program Ramadhan, Program TAB, Program
TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern
yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak
internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor
.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku
pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK ,
Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami
sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.
Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia
dari Aceh s.d Jayapura
Palangka Raya, 29 Juni 2022
Ana Kameloh Dian
Siip. Semangat Bunda... Kapan kita bisa bertemu di p. raya
BalasHapusResumenya lengkap n enak dibc bu
BalasHapusMantap resumenya lengkap....
BalasHapusBungkus buku Solonya ya....dan siap pasarkan baik online atau offline
BalasHapusResumenya lengkap bu Ana... semangat selalu... 👍👍👍
BalasHapus